Sejarah Asal Usul dan Kerajaan Tanah Toraja

Kalau pernah dengar kata “Eran Dilangi’”, yang artinya “Tangga dari dan ke langit”, dipercaya bahwa leluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, cerita ini tetap melegenda secara lisan di kalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai akses untuk berkomunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa).

 Rumah adat Toraja

Namun berbeda dengan versi dari DR. C. CYRUTseorang antropolog, dalam penelitiannya menuturkan bahwa masyarakat Tana Toraja merupakan hasil dari proses akulturasi antara penduduk (lokal/pribumi) yang mendiami daratan Sulawesi Selatan dengan pendatang yang notabene adalah imigran dari Teluk Tongkin (daratan Cina). Proses akulturasi antara kedua masyarakat tersebut berawal dari berlabuhnya imigran Indo Cina dengan jumlah yang cukup banyak di sekitar hulu sungai yang diperkirakan lokasinya di daerah <, kemudian para imigran ini membangun pemukimannya di daerah tersebut.

Dan tulisan di blog "Raputalangku" yang dirangkum dari: 
Red.Raputallangku, Buku pedoman sejarah(perpustakaan Unhas),  toraja-culture(blog), Jansen Tangketasik(UI.2010), Simon Petrus(filosofi budaya Toraja, live TVRI), Suku Toraja awalnya adalah bagian dari suku protomelayu bersama dengan suku batak karo, minangkabau, dayak  dan tagalok (ke Philipina) yang menjadi  suku-suku pertama yang datang ke Indonesia.

Suku protomelayu memiliki ciri khas lukisan atau ukiran bukan tulisan, sehingga setiap sejarah atau kejadian penting yang terjadi pada masa lalu, tidak mempunyai peningggalan bukti tertulis. Suku ini berasal dari beberapa wilayah yakni Dongson,annam,Yunan, di China, sebagian dari Mongolia.

Untuk nenek moyang suku Toraja, diperkirakan datang sekitar abad ke-6(enam) yang datang dengan perahu-perahu melalui sungai yang besar menuju ke pegunungan sulawesi selatan. yang akhirnya menduduki pegunungan termasuk pegunungan-pegunungan di Toraja, yang sesuai dengan fakta yang ada mereka itu kebanyakan datang dari selatan Toraja.

Mereka datang dalam kelompok-kelompok, yang dalam sejarah Toraja kelompok-kelompok itu disebut Arroan(Kelompok manusia). menyusuri sungai dengan perahu hingga mereka tidak dapat lagi melayarkan perahunya sehingga menambatkan perahu mereka dipinggir-pinggir sungai dan ditebing-tebing gunung disungai yang dilaluinya. perahu-perahu mereka itu dijadikan tempat mereka tinggal sehingga didalam sejarah Toraja ada istilah Banua Ditoke' (Banua = Rumah, Ditoke’=Digantung).


Menurut sejarah Toraja Tiap-tiap arroan itu dipimpin oleh seorang pemimpin yang dinamakan yang dinamakan Ambe’ Arroan ( Ambe’= Bapak, Arroan = Kelompok manusia). arroan-arroan atau kelompok-kelompok manusia itu tidak datang sekaligus. mereka datang berangsur-angsur dan masing-masing arroan itu menempati menempati tempat tertentu untuk menyusun persekutuan keluarga masing-masing dibawah pimpinan ambe’ arroan.

Lama kelamaan keluarga atau anggota dari arroan-arroan ini bertambah banyak dan perlu mempunyai tempat tinggal yang lebih luas. sehingga merekah terpecah-pecah/tersebar pergi mencari tempat masing-masing dalam bentuk keluarga kecil yang dinamai Pararrak  (Pencaran/Penjelajah) dengan dipimpin oleh seorang kepala/pemimpin pararrak yang di namai Pong Pararrak(Pong = Utama) yang artinya kepala pememimpin penjelajah.

Dengan meratanya daerah yang telah dikuasai oleh penyebaran kelompok-kelombok keluarga Arroan dan Pararrak ini maka seluruh pelosok pegunungan dan dataran tinggi sudah terdapat penguasa-penguasa kecil dari penguasa Ambe' atau  Pong yang perkembangannya sangat nyata dimasyarakat Toraja disamping Gelar-gelar yang lainnya.

Lama kelamaan kelompok kelompok kecil ini (Pararrak) menjadi besar serta anggotanya semakin banyak dan mereka berkuasa dimasing-masing tempat mereka berkuasa. dan mereka mempunyai pemerintahan sendiri seperti arroan yang dinamakan pula Pong Arroan.
Beberapa kelompok Arroan dan Pararrak menyebar jauh ke utara hingga mencapai Rantepao kemudian semakin menyebar ke bagian utara Rantepao.

Ada juga kelompok arroan yang menyebar lebih jauh lagi ke Galumpang, Makki(Mamuju), Pantilang, Rongkong, Seko(Luwu), Suppirang(Pinrang), dan Mamasa.

Beberapa waktu kemudian,datanglah kelompok-kelompok baru dengan masing-masing kelompok dipimpin oleh seseorang yang diberi gelar Puang. Puang dari kata puang Lembang, disebutkan sebagai pemilik. Puang=pemilik, Lembang=kapal. Kemungkina besar juga masih berasal dari daerah yang sama dengan kelompok Arroan, yakni dari Indochina.

Mereka datang dari arah selatan  dengan perahu-perahunya dan pengikutnya melalui sungai. setelah perahu mereka tidak lagi dapat melalui sungai karena air yang desar dan berbat-batu maka sebagian manambatkan perahunya dan sebagian membongkar perahunya dan membawa kerangkanya ke gunung tempat mereka akan tinggal bersama dengan pengikutnya karena belum ada tempat bernaung sehingga mereka membuat rumah dari kerangka perahu yang mereka bongkar itu. Dalam sejarah Toraja disebut tempat perkampungan yang pertama dari Puang - Puang Lembang ialah Bamba Puang (Bamba = Pangkalan/Pusat, Puang = yang memiliki ).

Penguasa – penguasa ini mempunyai tata masyarakat tersendiri dan memiliki cara pemerintahan tersendiri, namun mereka masih dalam kelompok kecil di daerah Bambapuang. Dari sini pula mereka kemudian menyebar ke daerah lain dan menjadi penguasa daerah yang ditempatinya, dan tidak lagi dikenal sebagai Puang Lembang (Pemilik Perahu) tetapi Puang dari daerah yang dikuasainya misalnya :
  •     Puang ri Lembang (Pemilik perahu)
  •     Puang ri Buntu ( penguasa daerah Buntu)
  •   Puang ri Tabang (penguasa daerah Tabang)
  •     Puang ri Batu (penguasa daerah Batu)
  •     Puang ri Su’pi’ (penguasa daerah Su’pi’) dll
Setelah para Puang yang menguasai tiap tempat makin bertambah banyak pengikutnya, maka timbullah persaingan kekuasaan di antara mereka, dimana sebagian Puang mulai merebut daerah kekuasaan Pong Pararrak atau Ambe’ Arroan yang lebih dulu memiliki kekuasaan terlebih dulu, dan menimbulkan kekacauan dalam masyarakat.

Hal ini membuat sebagian Puang membujuk Pong Pararrak dan Ambe’ Arroan untuk bersekutu untuk melawan Puang yang lain. Persekutuan ini kemudian disebut Bongga (Bongga = besar, hebat, dahsyat). Sebagai pimpinan Bongga maka diangkat Puang yang kuat di antara mereka yang dalam kedudukannya dinamakan Puang Bongga (yang memiliki kekuasaan yang kuat dan hebat), seperti yang terkenal dalam sejarah Toraja seorang penguasa Bongga yang terkenal adalah Puang Bongga Erong.

Karena persaingan yang begitu hebat dan terus – menerus di kalangan Puang – Puang ini, maka pengaruh dari penguasa Puang di daerah Bambapuang makin merosot, apalagi setelah terjadi perpindahan beberapa Puang ke bagian utara Bambapuang untuk mencari tempat yang lebih aman untuk menerapkan pemerintahannya. Tetapi berbeda dengan Pong Pararrak yang ada di bagian utara, tidak terjadi persaingan karena masing – masing menguasai daerah yang sudah ditempatinya.

Asal usul munculnya nama “Tana Toraja”

Nama Toraja mulanya diberikan oleh suku Bugis Sidendereng dan dari luwu. Orang Sidendreng menamakan penduduk daerah ini dengan sebutan To Riaja yang mengandung arti "Orang yang berdiam di negeri atas atau pegunungan" (Ditulis oleh penulis Eropa Y.Kruit), sedang orang Luwu menyebutnya To Riajang yang artinya adalah "orang yang berdiam di sebelah barat".

Disamping kedua kata tersebut diatas ada pula yang berpendapat bahwa nama Toraja berasal dari nama seorang raja yang berasal dari Tondok Lepongan Bulan nama Puang Lakipadada yang datang ke Gowa pada akhir abad ke-13.

Dalam sejarah Toraja Puang Lakipadada ini adalah seorang cucu dari seorang Puang Tomanurun Tamboro Langi’ atau anak dari Puang Sanda Boro dari istana/tongkonan Batu Borong bagian sebelah selatan Tondok Lepongan Bulanana/tongkonan Batu Borong bagian sebelah selatan Tondok Lepongan Bulan yang pergi mengembara, yang dalam sejarah dan mitos Lakipadada mengtakan bahwa Lakipadada itu pergi mencari hidup abadi dan tiba2 terdampar di kerajaan Gowa sebagai orang  yang tidak dikenal dan tidak diketahui dari mana asalnya, hanya saja pada diri Lakipadada ini ada tanda2 diri Lakipadada ini ada tanda2 yang meyakinkan bahwa beliau adalah keturunan Raja atau kerajaan yang besar.

Pendapat umum di Gowa mengatakan bahwa turunan/anak Raja yang tidak dikenal itu berasal dari sebelah timur, sesuai dengan mitos asal raja2 di sulawesi-selatan, maka dengan demikian menyebut Puang Lakipadada itu dengan nama Toraya, asal To atau Tau (orang), Raya dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan.


Berhubung  Puang Lakipada ini berasal Tondok Lepongan Bulan, maka nama Tondok Lepongan Bulan pun dinamai  Tana Tau Raya yang kemudian menjadi Tana Toraja. 

Baca: Sejarah Kerajaan Batak

Dalam sejarah Toraja sejak dari zaman purba sampai pada abad ke-XII, Tana Toraja telah mengalami 3 kali perubahan bentuk kekuasaan dan pemerintahan dengan gelar masing2 bagi penguasa2nya karena mengikuti gelombang datangnya penguasa2 dari tiap gelombang itu masing2 :

Penguasa yang pertama dengan gelar Ambe’ atau siambe’ Pong (berasal dari ambe Arroan dan    Pong Pararrak), maka terjadilah gelar siambe Pong misalnya :
•    Siambe Pong Simpin
•    Siambe Pong Tiku
•    Siambe Pong Maramba’ dll

Penguasa kedua dengan gelar Puang sebagai penguasa yang terbentuk dari Bamba Puang daerah Selatan Tana Toraja asalnya dari Puang Lembang yang setiap gelar penguasanya disambung dengan nama Tongkonanna atau tempatnya yang dikuasai misalnya :
•    Puang ri Buntu
•    Puang ri Tabang
•    Puang ri Barang dll

Penguasa yang ketiga dengan gelar Ma’dika yaitu gelar penguasa  yang diciptakan oleh Tangdilino’ penguasa pertama dari Banua Puan marinding yaitu seorang Puang yang memerdekakan dirinya dari aturan dan kungkungan Puang dan kata Ma’dika ini mungkinsekali berasal dari kata Maradika (merdeka=bebas). Misalnya :
•    Ma’dika Simbuang
•    Ma’dika Ulusalu
•    Ma’dika Mamasa dll


Lama-kelamaan penyebutan Toraya berubah menjadi "Tana" berarti negeri dan "To Raja" Berarti Para Raja , sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja (Negeri Para Raja) sampai saat ini, yang sekarang dibagi menjadi 2 (Dua) Kabupaten (Tana Toraja & Toraja Utara).

***
Sumber:
http://langkantoraya.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Sejarah Asal Usul dan Kerajaan Tanah Toraja"