Simbol pada Setiap Agama dan Maknanya

SETIAP agama didunia sudah barang tentu memiliki simbol-simbol tersendiri yang dengan simbol tersebut mempengaruhi cara bertindak atau perilaku masyarakat. Tak jarang ada sebagian masyarakat yang kebingungan bahkan berakhir dengan konflik disebabkan oleh pemahaman yang keliru mengenai simbol sebuah agama. Kekeliruan ini disebabkan oleh kesalahannya dalam memahami makna yang dikandung oleh simbol tersebut. Berikut beberapa makna simbol agama besar yang ada didunia.

1.   Makna dan Simbol Agama Islam
Bulan sabit dan bintang sebenarnya telah muncul ribuan tahun sebelum Islam. Kebanyakan sumber setuju bahwa simbol kuno ini digunakan oleh orang-orang di Asia Tengah dan Siberia dalam penyembahan matahari, bulan, dan dewa langit.Ada juga laporan mengenai penggunaan bulan sabit dan bintang yang melambangkan dewi Tanit dari Kartago atau Dewi Diyana dari Yunani.Hingga masa Kekaisaran Ottoman, bulan sabit dan bintang mulai dikaitkan dengan dunia Muslim.

Ketika bangsa Turki menguasai Konstantinopel (Istanbul) tahun 1453,mereka mengadopsi bendera dan simbol kota.Legenda mengatakan bahwa pendiri Kekaisaran Ottoman, Osman, mengalami mimpi dimana bulan sabit membentang dari satu ujung Bumi ke ujung lainnya.Menganggapnya sebagai pertanda baik, ia memilih untuk membiarkan sabit ini dan menjadikannya simbol dinasti Ottoman.Terdapat spekulasi bahwa lima ujung pada bintang melambangkan lima rukun Islam.

Menurut gerakan sufi bulan sabit melambangkan kepekaan.Bulan sabit adalah hati yang mau merespon ruh dari Tuhan,itu adalah awal kebangkitan.Bulan sabit melambangkan kepekaan karena ia berkembang semakin penuh.Bintang didalam hati bulan sabit tersebut melambangkan percikan ketuhanan yang terpantulkan dalam hati manusia sebagai cinta, dan membantu bulan sabit menuju purnama.

2.Makna dan Simbol Agama Kristen
Secara moralitas salib berarti derita ataupun siksa.Itu berarti bahwa dalam setiap kegiatan kehidupan,yang bisa digambarkan sebagai garis tegak,kemudian datanglah gangguan yang diwakili garis datar.Ini menujukkan sifat alamiah kehidupan yaitu seperti yang dikatakan manusia yang mengusahakan,Tuhan yang menentukan.

Simbol salib hubunngannya dengan kehidupan Kristus tidak hanya dihubungkan penyaliban sang master tetapi juga menunjukkan bahwa penyaliiban itu harus dihadapi oleh seseorang yang memiliki kebenaran.Menurut gagasan filsafat hindu bahwa kehidupan di dunia ini adalah ilusi dan oleh karena itu setiap peristiwa yang dialami adalah sebuah ilusi. Kata sang sekerta ilusi itu adalah Maya,juga disebut Mithea.Ketika jiwa melihat kebenaran, maka bisa dikatakan sebagai terlahir kembali.

Bagi seorang sepiritual salib adalah lambang alami untuk menjelaskan keadaan moralnya.Akan tetapi akan lebih tinggi apabila dipahami oleh ahli mistik,pengertian ini adalah yang disebut pengingkaran diri; untuk mengajarkn kehalusan moral ini,kerendahan hati dan kesederhanaan diajarkan sebagai pelajaran pertama.Pengingkaran diri adalah akibat yang disebabkan oleh peniadaan diri.Inilah yang menyebabkan orang berkata:“Bukan aku, tetapi Engkau-lah Keagungan itu”.

3.Makna dan Simbol Agama Hindu
Swastika merupakan salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu dan merupakan contoh nyata tentang sebuah simbol religius yang memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang kompleks,berbagai variasi Swastika dapat ditemukan pada tinggalan-tinggalan arkeologis (koin,keramik,senjata,perhiasan ataupun altar keagamaan) yang tersebar luas mencakup Turki, Yunani, Kreta, Cyprus, Italia, Persia, Mesir, Babilonia, Mesopotamia, India, Tibet, China, Jepang negara-negara Skandinavia Hingga jerman.

Hindu mengambil simbol swastika untuk menunjukkan identitas Arya.Makna simbol swastika adalah catur dharma yaitu empat macam tugas yang patut kita dharma buktikan baik untuk diri sendiri maupun untuk umum (selamat, bahagia, sejahtera).

4. Makna dan Simbol Agama Buddha
a. Bunga
Bunga dalam vihara melambangkan ajaran yang tidak kekal.Sang Buddha mengajarkan bahwa semua benda yang ada di dunia ini mengalami perubahan yang tetap, tidak ada yang kekal.Bunga kelihatan indah di pagi hari tetapi layu pada siang hari.Demikian pula kehidupan di dunia ini seperti yang terlihat pada bunga.Bunga mengingatkan kita pada segala hal dan kehidupan.Kita dihadapkan pada kenyataan dari usia tua, sakit, mati tanpa memandang keinginan kita mau ataupun tidak,ini adalah salah satu renungan dari persembahan.

Bunga adalah bentuk dari kejujuran,keagungan dalam warna,pandangan yang indah. Namun semuanya akan berakhir,bentuknya akan layu,warnanya akan memudar, wanginya akan hilang.Ini menunjukkan semua kondisi suatu subjek dapat berubah dan menderita serta tidak nyata.Menyadari hal ini mungkin kita akan mencapai Nibbana, kedamaian sempurna yang abadi.

b. Dupa
Dupa merupakan simbol yang menandai semangat kesucian dan persembahan diri.Simbol dari keharuman nama baik seseorang.Bau wangi dupa yang dibawa angin akan tercium di tempat jauh,namun tidak dapat tercium di tempat yang berlawanan dengan arah angin.Begitu juga dengan perbuatan manusia yang baik akan diketahui oleh banyak orang tetapi perbuatan tidak baik dimanapun berada juga akan diketahui oleh orang lain.

c. Dhammacakka
Salah satu lambang yang sangat terkenal dalam agama Buddha adalah roda Dhamma. "Perputaran Roda Kebenaran".Perputaran roda berarti mengajarkan ajaran atau hukum. Ungkapan roda adalah untuk peraturan tentang kelakuan yang baik disebut Jalan Utama Beruas Delapan.Persamaan mereka menandakan keadilan yang abadi.Lingkaran adalah meliputi seluruh kasih sayang dan kebijaksanaan.Gandar adalah batang kebenaran, pada saat roda berputar.Pusatnya mewakili keutuhan kehidupan.

5.Makna dan Simbol dalam Agama Yahudi
Bintang David ini simbol legendaris kaum Yahudi. (Tetapi sebenarnya, simbol seperti itu tidak tepat disebut “Bintang David” atau “Bintang Dawud”, sebab Nabi Dawud As itu Nabi ajaran Tauhid, bukan sosok pembela ajaran-ajaran Yahudi seperti selama ini. Ini hanyalah kepalsuan klaim orang Yahudi saja).Ada penafsiran mengenai bintang david sebagai berikut: Lambang segitiga yang ujungnya menghadap ke bawah, itu menggambarkan Piramida Mesir sedangkan gambar segitiga yang ujungnya ke atas, itu menggambarkan Bukti zion di Israel.Intinya lambang itu mencerminkan kehancuran peradaban Mesir Fir’aun dan bangkitnya peradaban Zionisme (Yudaisme).

Demikianlah pembahasan mengenai Makna dan Simbol pada Setiap Agama. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Simbol pada Setiap Agama dan Maknanya"