Masalah Sosial (Materi Lengkap dengan Contoh dan Solusinya)

SEBENARNYA, masalah adalah dampak dari berbagai interaksi sosial; interaksi sosial antarindividu, antarindividu dengan kelompok, atau antarkelompok. Dalam keadaan normal, interaksi sosial dapat menghasilkan integrasi. Di sisi lain, interaksi sosial juga dapat menghasilkan konflik dengan pihak lainnya.

Pengertian Masalah Sosial

Secara sederhana, masalah sosial dapat diartikan sebagai keresahan sebuah masyarakat yang disebabkan interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau bisa juga antara kelompok dengan kelompok.

Soerjono Soekanto mengungkapkan bahwa pengertian masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Soerjono Soekanto membedakannya menjadi 4 yaitu sebagai berikut

1. Dari faktor ekonomis. Contoh: kemiskinan dan pengangguran

2. Dari faktor biologis. Contoh: wabah penyakit menular

3. Dari faktor psikologis. Contoh: bunuh diri

4. Dari faktor kebudayaan. Contoh: kenakalan remaja

Kriteria Masalah Sosial 

Masalah bisa terjadi karena adanya perbedaan antara nilai yang dianut masyarakat dengan kondisi di kehidupan nyata. Ini berarti ada ketidakcocokan antara persepsi masyarakat tentang apa yang seharusnya terjadi dengan kenyataan sebenarnya. Kriteria umum ini juga tidak bisa dipukul rata karena akan bergantung kepada nilai-nilai yang dianut masayarakat setempat. Seperti misalnya, di kebanyakan daerah di Indonesia, memakai bikini di pantai masih dianggap sebagai hal yang kurang sopan, tetapi tidak demikian di Eropa atau Amerika Serikat.

Sumber Masalah Sosial

Ada berbagai macam sumber, selain muncul dari kondisi dan proses sosial, seperti kriminalitas, juga dapat berasal dari bencana alam. Dampaknya banjir misalnya, bisa saja korban-korbannya menjadi miskin karena segala harta bendanya hanyut terseret banjir.

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Terdapat 4 jenis faktor yang menjadi penyebab terjadinya masalah sosial antara lain:

1. Faktor ekonomi

Masalah yang terjadi akibat faktor ekonomi antara lain seperti kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya. Masalah sosial yang terjadi akibat faktor ekonomi biasanya yang bertanggung jawab ialah pemerintah.

2. Faktor Budaya

Kebudayaan yang semakin berkembang dalam masyarakat akan memiliki peran yang dapat menimbulkan suatu masalah sosial. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya anatara lain perceraian, pernikahan usia dini dan masih banyak yang lainnya.

3. Faktor biologis

Masalah sosial yang terjadi karena faktor biologis antara lain kurang gizi, penyakit menular, dan lai sebagainya. Semua masalah sosial tersebut dapat terjadi akibat kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai dan layak, kondisi ekonomi dan juga pendidikan masyarakat yang tidak terpenuhi.

4. Faktor Psikologis

Masalah sosial juga dapat terjadi akibat faktor psikologis masyarakat yang sangat lemah. Biasanya faktor psikologis muncul jika beban hidup yang dirasakan masyarakat dirasa terlalu berat, pekerjaan yang menumpuk sehingga menimbulkan stres kemudian akan timbul luapan emosi yang akan berakibat pada konflik antar anggota masyarakat.

Dampak Tejadinya Masalah Sosial Di Masyarakat

Dampak adanya masalah sosial dalam masyarakat antara lain:

    1. Terjadinya peningkatan tindakan kriminalitas dalam masyarakat

    2. Terjadinya kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin

    3. Terjadinya perpecahan kelompok

    4. Terjadinya perilaku yang menyimpang

    5. Terjadi peningkatan tingkat pengangguran

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat, antara lain:

    1. Dengan meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan

    2. Dengan meningkatkan kesadaran sosial

    3. Dengan meningkatkan pemerataan pembangunan

    4. Dengan lebih banyak menyediakan lapangan pekerjaan

    5. Dengan mensosialisasikan nilai dan juga norma sosial.

    6. Dengan memberi sanksi sosial yang tegas terhadap pelanggar

    dan lain sebagainya.

Contoh Masalah Sosial di Indonesia dan Solusinya 

Untuk lebih mengenal mengenai masalah sosial, berikut contoh-contohnya dan solusi yang mungkin bisa diterapkan.

1. Tingginya Penyakit Menular 

Tingginya penyakit menular sedang menjadi perhatian banyak orang, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Merebaknya Covid-19 di Indonesia bahkan melahirkan banyak masalah sosial baru yang tidak kalah urgensinya untuk segera dibereskan.

Covid-19 bukan hal yang remeh, bahkan pemerintah menerapkan darurat nasional untuk hal ini. Solusi untuk masalah ini adalah adanya kesinambungan antara kebijakan pemerintah dan reaksi yang diambil masyarakat.

Pemerintah harus aktif memberikan berbagai pengetahuan dan penyuluhan mengenai virus ini kepada masyarakat. Sebagai masyarakat, juga harus bisa memenuhi protokol kesehatan agar virus tidak mendapatkan inang baru untuk terus menyebar.

2. Kemiskinan

Sayangnya, kemiskinan masih menjadi masalah sosial yang mendarah daging di Indonesia dari tahun ke tahun. Di tambah dengan adanya virus Covid-19, banyak pihak yang bisa saja jatuh ke jurang kemiskinan jika masalah ini tidak coba dientaskan.

Solusi untuk menghadapi kemiskinan secara umum adalah dengan mendorong masyarakat untuk menjadi pelaku usaha atau berwirausaha. Khusus dalam pandemi ini, masyarakat juga harus kreatif dalam mencari cara untuk bisa berwirausaha tanpa harus melanggar protokol kesehatan yang ada.

3. Pendidikan yang Rendah

Pendidikan yang rendah merupakan permasalahan di Indonesia yang sudah mengakar. Dengan adanya pendidikan yang rendah ini, bisa timbul berbagai masalah sosial lain seperti kemiskinan dan kurangnya daya saing masyarakat Indonesia dengan masyarakat di luar negeri.

Bahkan, karena banyaknya warga yang mdnjzci korban pendidikan yang rendah, Indonesia dikenal sebagai negara pemasok Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang biasa disebut sebagai pahlawan devisa. Padahal, Indonesia memiliki kapabilitas yang lebih baik daripada itu.

Sebenarnya pendidikan di Indonesia sudah terus membaik dari tahun ke tahun. Namun, masalahnya adalah luasnya negara Indonesia yang membuat akses pendidikan menjadi tidak merata di seluruh Indonesia.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah pemerintah harus bisa segera meratakan pendidikan di tanah air agar kualitas pendidikan di pelosok tidak kalah dengan di kota-kota besar. Adanya aplikasi-aplikasi belajar online juga sangat membantu untuk mereka dalam mengejar ketertinggalan.


**

Sumber: Disarikan dari berbagai artikel

Tidak ada komentar untuk "Masalah Sosial (Materi Lengkap dengan Contoh dan Solusinya)"