Apakah Ada Cara Menjadi Orang Cerdas Selain Membaca Buku?

 


Apakah ada cara cerdas selain hanya dengan membaca buku?? Pertanyaan ini menarik dan sering terlontarkan pada insan-insan yang aktif dan kritis.

Jadi, manteman, untuk kita tahu bersama menuju cerdas itu membutuhkan banyak effort, yang bahkan dengan buku saja tak cukup untuk menjadi pribadi cerdas. Buku mengandungy banyak informasi, seperti halnya media lain (website, YouTube, sosmed, game). Dari berita dan diskusi juga bisa kita dapatkan informasi, sebenarnya. Kumpulan informasi itu jika disusun dengan benar maka ia akan menjadi sebuah pengetahuan (knowledge).

Tapi pengetahuan saja tidak cukup, butuh lebih dari itu untuk menjadi cerdas. Sebab cerdas mengandung ciri khas terpenting, yaitu: solusi. Setiap masalah jika dihadapkan pada orang cerdas maka yang didapatkan adalah solusi. Dengan demikian, orang cerdas adalah orang yang punya solusi/jawaban bila melihat sebuah permasalahan sehingga dapat memberikan insight bagi orang lain.

Lantas, apa hal lainnya yang dibutuhkan agar menjadi orang cerdas –tentu selain pengetahuan dari bacaan buku. Nah ini dia; pengalaman, strategi, intuisi dan kreativitas. Itu menjadi bekal tambahan untuk menjadi orang cerdas. Jadi kalau kita runtut, menjadi cerdas itu merupakan pekerjaan yang arahnya adalah pada kumpulan bekal-bekal yang disebutkan tadi. Apa saja itu?

Pertama, pengetahuan, ini bisa didapatkan dengan cara mempelajari sesuatu dengan tujuan untuk mengajarkan ke orang lain.

Kedua, pengalaman, ini bisa didapatkan dengan aktivitas yang nekat, berani keluar dari zona nyaman dan tak takut gagal. Tapi gagal boleh saja, selama mendapatkan lesson learned.

Ketiga, strategi, ini bisa didapatkan dengan bertindak yang sistematis dan menganalisa sesuatu dengan perspektif yang beragam, misal yang sederhana seperti analisa SWOT, PDCA, Strategic Initiatives, dan fishbone.

Ketiga, intuisi, ini didapatkan dalam segala proses dalam kehidupan. jadi pelajari best practices atau rule of thumbs. Ketika ada sesuatu yang tak beres, kita bisa mendeteksi cepat lewat intuisi ini. Cepat jadi kata kunci.

Keempat, kreativitas, nah melihat suatu masalah dengan perspektif berbeda. Atau tambahkan elemen baru yang tak ada dalam informasi yang selama ini dikumpulkan.  Kerjakan sesuatu secara out of the box.  Dengan ini maka Anda sudah melatih diri menjadi orang yang cerdas.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar untuk "Apakah Ada Cara Menjadi Orang Cerdas Selain Membaca Buku?"